Subscribe:

Senin, 04 Juni 2012

Tools Pengukur Website

1. Page Rank

Page Rank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan untuk berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. Page Rank juga merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.
Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.
 
banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.
 
 
PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Kelebihan dari tools Page Rank adalah :

1. Memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link
2. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut
Kekurangannya adalah :
1. Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang user tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web.
2. Pendekatan ini yang digunakan pagerank sehingga pagerank dari link masuk (inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju, melainkan dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada halaman tersebut. 

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank

2.Alexa
Alexa merupakan sebuah web informasi yang memberikan ranking bagi sebuah web, tampaknya Alexa bukan karena itu saja sangat dikenal dan diperhitungkan para web surfer tidak hanya diluar seperti di Amerika namun disini juga menjadi semacam tolak ukur untuk menentukan traffic dari sebuah website. Lalu apakah yang dimaksud dengan Alexa Ranks? Alexa Ranks adalah ranking yang diberikan oleh Alexa web dimana ranking tersebut berasal dari total jumlah pengunjung Unique Alexa Toolbar. Hmmm.. jadi Alexa itu semacam toolbar ya? Kalau boleh saya bilang sih bisa jadi semacam itu, karena kalau mau ngecek popularitas sebuah web ke webnya langsung kan agak ribet jadi Alexa membuat semacam toolbar yang memudahkan untuk pengecekan sehingga kita bisa mengetahuinya secara langsung. Toolbar tersebut menunjukkan popularitas dari website yang bersangkutan. Untuk saat ini tampaknya Yahoo masih menjadi website dengan maximum traffic berdasarkan data dari Alexa, setelah itu baru diikuti oleh Google . Banyak orang mengatakan jika popularitas Alexa atau istilahnya Alexa trends sudah menurun dan kita tidak usah terlalu memikirkan ranking dari Alexa! Menurut saya keberadaan Alexa masih sangat penting dalam pencapaian sebuah Page Rank (PR) yang tinggi karena menunjukkan kualitas dan popularitas dari website yang kita miliki. 

Kelebihan dari tools Alexa adalah :
1. Alexa ini membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebuah website
2. Berguna bagi website yang anda memiliki untuk diterima dalam program make money online
3. Membantu anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan anda bisa mengetahui volume traffic dari website yang anda miliki
 
Kekurangannya adalah :
1. Perhitungan algoritma Alexa yang baru dan pastinya ribet, karena sistem ranking yang diberikan oleh Alexa semakin akurat karena Alexa juga memberikan ranking berdasarkan sumber lain juga
2. Mungkin saling cross check dengan Google, Yahoo!, MSN dan website berpengaruh lainnya, dan sudah banyak penurunan ranking yang dialami oleh para webmaster (terutama pemilik blog)

 sumber : http://bloggeraddicter.blogspot.com/2008/07/apa-itu-alexa-dan-kegunaannya.html

3.GTmetrix
GTmetrix adalah websiteuntuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
  • melihat tes sebelumnya  untuk membandingkan hasilnya
  • menjadwalkan cek website secara otomatis
  • menyimpan laporan
  • memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak     
Kelebihan GTmetrix :
-          Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine.
-          Dapat membandingkan beberapa URL sekaligus
-          Menjadwalkan cek website secara otomatis
-          Dapat menyimpan laporan
-          Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.
 
Kekurangan GTmetrix :
-          Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.
  
sumber : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12936390
 
menurut pndapat saya yang tool yang lebih naik adalah GTmetrix karna tools tersebut dapat menggunakan page speed sebahai analyze engine dan dapat menjadwalkan cek website secara otomats tidak perlu secara manual .


0 komentar:

Posting Komentar