Subscribe:

Senin, 09 Februari 2015

Pengalaman Pertama Terjun Di Dunia Kerja



9 Februari 2015, yak setelah gue resmi lulus setelah mengenyam pendidikan S1 gue pada bulan Septerber 2014 dan disahkan(diwisuda) pada tanggal 17 Desember 2014, gue melanjutkan petualangan gue di dunia kerja. Tidak semudah yang diharapkan dalam mencari pekerjaan, tes ini itu interview ngalor ngidul sana-sani ujungnya belom tentu diterima. Akhirnya pada tanggal 7 Februari 2015 gue diajak salah satu temen gue, sebut saja namanya Idin untuk ngelamar di suatu tempat, tempat ini ga asing buat gue tempat ini bernama LPIA (Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika) gue udah pernah denger tempat ini dari jaman gue masih SMP, tempat ini adalah tempat kursus Bahasa Inggris dan Komputer.

Awalnya gue agak ragu dengan ini, akhirnya gue memutuskan biar temen gue si Idin tadi yang diinterview terlebih dahulu dan gue menunggu di ruang Costumer Service (CS) sembari mengisi Form biodata sambil diajak ngobrol sama mbak-mbak berparas imut dan lucu bernama Fera (kiw). Setelah menunggu beberapa saat temen gue Idin selesai diinterview. Tibalah saatnya gue yang diinterview oleh manager di LPIA cabang itu (Cabang Pondok Timur Indah) namanya David, setelah diinterview cukup lama ditanya ini itu segala macem ngalor ngidul akhirnya gue disuruh datang kembali di hari senin tanggal 9 Februari  2015.

Penampakan LPIA Cabang Pondok Timur Indah




Setelah selesai diinterview gue kembali ke ruangan CS untuk menemui Idin dan langsung ngajak cabut, setelah gue dan Idin pamit cabut dari itu tempat gue memutuskan untuk mampir di tempat tukang es kelapa untuk sharing ama Idin. Gue dan Idin agak kaget karna pekerjaan yang ditawarkan adalah untuk menjadi trainer atau guru di tempat Les itu, sementara kita berdua tidak punya skill mengajar sebelunya, dan betapa kagetnya lagi gue waktu gue bilang gue disuruh balik lagi ke itu tempat hari senin tapi si Idin engga, alias gue yang diterima tapi Idin engga. Agak ngenes sih soalnya yg punya info itu lowongan ya si Idin dan yang ngajak ngelamar juga dia dan yang diterima gue, yang sabar ya id~. Setelah berdiskusi cukup lama di tukang Es Kelapa apakah gue harus datang atau engga di hari senin itu dengan si Idin (karna gue agak gak enak juga sama doi) akhirnya gue memutuskan untuk datang ke tempat itu hari senin mendatang.

Yak tibalah hari senin itu, di hari itu cuaca sangat tidak bersahabat, hujan amat lebat mengguyur senin sejak dini hari, tapi tidak menyurutkan niat gue untuk berangkat karna gue harus tiba di tempat itu sebelum pukul 8. Setelah setengah jam mengendarai Jupi(motor gue) gue tiba di LPIA-PTI, betapa kagetnya gue ternyata disana baru ada gue doang dengan pintu pagar yang masih agak tertutup tetapi pintu kantor sudah terbuka, akhirnya gue parkirlah Jupi sambil melepas jas hujan yang gue gunakan sambil menunggu ada yang datang. Tak lama kemudian ada yang datang, ternyata dia sebelumnya sudah sampai dan membuka gerbang dan kantor tapi dia pulang lagi karena ada sesuatu yang tertinggal (FYI: rumah doi ga jauh dari lokasi kantor), akhirnya gue dipersilahkan masuk dan berkenalan dan Mas ini, mas ini  bernama Iqbal, dia dari tim marketing dan masih berkuliah semester 4 jurusan Komunikasi di Unisma. Gue berbincang bincang mengenai struktur organisasi yang ada, kira-kira seperti ini strukturnya :

Managaer                       :  Mr. David
Assistant Manager          :  Ms. Afi
Staff Marketing               :  Iqbal
                                         Via
                                         Andika.S
Staff Bahasa Inggris         :  Riana
                                          Bekti
Staff Komputer                :  Andika. P (Gue)
Costumer Service            :  Ferra
                                          Evi 

Setelah cukup lama saya berbincang mengenai struktur organisasi yang ada di LPIA PTI dengan Mas Iqbal, ga lama kemudian datanglah kembali seorang trainer wanita berparas menarik bernama Cherlly. Guepun kembali dijelaskan oleh Mas Iqbal kalo ditempat ini bukan hanya ada LPIA saja, tetapi ada GAMA-UI, nah Cherlly ini adalah bagian trainer dari GAMA-UI bukan LPIA. Cukup lama menunggu kedatangan Mr David, beliau tak kunjung datang mungkin karna hujan sangat lebat (FYI hujan di hari turun sejak dini hari sampai menjelang sore dan akses ke lokasi kantor terhambat karena banjir). 

Sekitar pukul 12 siang intensitas hujan cukup berkurang dan tidak lama kemudian Mr David pun datang dan tidak berselang lama gue dipanggil keruangan untuk dijelaskan Jobdesk gue, sudah jelas Jobdesk gue disini sebagai pengejar atau trainer dan gue juga baru tau kalo disana ternyata belum ada murid yang daftar untuk kursus komputernya (lah terus jobdesk gue kan ngajar kalo muridnya ga ada siapa yg mau gue ajar). Ga lama setelah gue dijelaskan Jobdesk gue, gue baca buku panduan yang digunakan untuk mengajar biar gue makin jelas. Selesai gue membaca Mas Iqbal meminta bantuan gue untuk melipatkan brosur, ya daripada planga plong ga ada kerjaan ya mendingan gue bantu kan .

Ga ada yang menarik sih dari cerita hari pertama gue kerja di tempat ini, cuma ya paling karna hujan lebat aja, haha :D

 

0 komentar:

Posting Komentar